IKLAN

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Tutorial

HEBOH

Kuliner

Youtube Tutorial

Games

Lowongan Kerja

OpenSource

» » Cara Ajarkan Anak Senang Makan Buah & Sayur

BUAH dan sayuran adalah bagian dari kebutuhan dasar pangan yang harus dipenuhi setiap hari. Menjadikan buah dan sayuran sebagai makanan favorit mungkin membutuhkan kerja keras, khususnya untuk anak. Untuk itu, peran orangtua sebagai contoh sangatlah penting. Orangtua bisa melakukan berbagai cara untuk membuat mengonsumsi buah dan sayuran sebagai kebiasaan yang menyenangkan, kata Psikolog anak Vera Itabiliana K Hadiwidjojo Psi dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (UI). "Tipsnya, ajarkan kebiasaan secara konkret. Tidak usah bicara panjang lebar tentang kandungan gizi buah, tapi perlihatkan nikmatnya makan buah," kata Vera dalam seminar media “Lengkapi Menu Puasa Anak dengan Kiwi” bersama Zespri di Jakarta, Kemarin.


Sediakan buah dan sayuran setiap hari


Menurut Vera, pastikan selalu buah dan sayuran tersedia di rumah setiap hari. “Terkadang orangtua lupa menyuruh anak makan sayur dan buah. Tapi kalau orangtua bisa menyiasati ini dengan selalu menyediakan buah dan sayur di meja makan, misalnya,” tuturnya.




Ajak anak memilih dan membuat sajian buah dan sayur


Agar anak semakin mengenal pentingnya buah dan sayuran, libatkan mereka dalam proses mendapatkannya, mulai dari saat membeli, memilih, mencuci, dan menyajikannya. Ide kreatif dalam menyajikan buah dan sayuran sebagai camilan atau menu makanan juga harus dimiliki orangtua.



Buat aturan sekali suapan


"Bagi anak yang sangat pemilih dan sulit ditawari buah dan sayur, bisa diterapkanone bite rule (aturan sekali suapan). Orangtua boleh memaksa anak untuk makan hanya satu gigitan agar anak tetap mencoba. Ini penting, karena kebanyakan anak susah menyukai buah atau sayur karena belum mencoba," kata Vera.(Bersambung)

(ren)



source : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/06/24/481/1170601/cara-ajarkan-anak-senang-makan-buah-sayur-1

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post