IKLAN

Theme images by kelvinjay. Powered by Blogger.

Tutorial

HEBOH

Kuliner

Youtube Tutorial

Games

Lowongan Kerja

OpenSource

» » Cara Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang

ok mungkin yang masih bingung ama cara dan syarat perpanjangan paspor bisa membaca langkahnya disini. tp disini saya akan menjelaskan tentang cara Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I  Semarang dengan Online

proses yang harus dilewati.

Daftar online di website 

silahkan kunjungi web http://semarang.imigrasi.go.id , ada kotak di sebelah kiri tulisannya permohonan passpor online , nah agan klik tu.

siapkan data-data yang lengkap untuk penunjang pengisian, juga ada data orang tua nanti dari nama dan tempat tanggal lahir

Selain data standar, pemohon juga diminta untuk memasukkan email. Jika pemohon sudah mengisi semua data secara lengkap, akan dikirim sebuah form pengantar pembayaran ke bank diattachment email. Pengantar ini di-print dua kali ya. Satu untuk pihak bank, satu untuk pemohon.

Membayar di bank yang  telah ditunjuk

Attachment yang didapatkan pemohon berbentuk PDF. Form ini harus di-print ya untuk pengantar pembayaran ke bank. Untuk list bank-nya apa saja saya kurang tahu. Tapi cukup banyak kok. Saya membayar hari senin karena lewat teller. Lewat ATM sebenarnya juga bisa, btw. Besaran yang harus dibayarkan sebanyak 355.000 rupiah dengan rincian 300.000 rupiah biaya pembuatan paspor, 55.000 rupiah biaya IT-nya. Saya membayar di teller Bank BRI.

Persiapkan Berkas 
untuk perpanjangan, ini die syarat-syaratnya:
  1. KTP Asli dan Fotokopian
  2. KK Asli dan Fotokopian
  3. Akta Kelahiran Asli dan Fotokopian
  4. Paspor Lama asli dan Fotokopian
  5. Bukti Pembayaran di fotocopy
  6. Form Registrasi dan bayar di cetak ( cek email biasanya kalo udah konfirmasi bayar akan ada form yang dikirimkan via email)

Datang ke Kantor Imigrasi

Nah, ini adalah bagian yang lumayan melelahkan haha. Sehabis bayar biaya perpanjangan, dari pihak bank akan memberikan semacam nota yang ada nomor tertentu. Kalo udah bayar jangan lupa cek email lagi. Isinya sama attachment juga ada link yang harus diisi lagi. Nomor NTPN dari Bank harus disubmit oleh pemohon. Terakhir, pemohon bakal diminta untuk memilih tanggal kehadiran. Lumayan banyak kok. Dan pilihan tanggal ini sebenernya juga nggak "saklek" harus hari yang dipilih. Pemohon diberi rentang waktu 7 hari sejak pembayaran untuk datang ke kantor imigrasi. Bila lebih dari itu, pembayaran dianggap batal dan uang nggak bisa dikembalikan.

Hari ini saya datang ke Kantor Imigrasi Semarang. Alamat lengkapnya ada di website. Untuk ancer-ancernya berhubung saya dari Semarang atas (Banyumanik) jadi lewat tol biar lebih cepet. Di exit tolKrapyak belok kanan. Nanti lampu merah pertama harus U-turn soalnya satu arah. Letak kantornya di kanan jalan.

Kalo dari pusat kota, ke arah Mangkang. Nanti sebelum exit tol itu ada jejeran kantor Balai Pemasyarakatan, Pengadilan Tinggi, baru sebelahnya ada Kantor Imigrasi.

Jangan lupa datang dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan ya. Berkasnya kurang lebih seperti ini: Akte kelahiran, Kartu Keluarga, Paspor asli (yang udah habis masa berlakunya), KTP, form yang udah di-email (ada 2 ya), bukti pembayaran. Kesemuanya dibawa baik yang asli maupun foto copy-an.

Tadi saya bilang melelahkan. Kenapa? ANTRIANNYA PANJANG DAN LAMA BANGET. Huhuhuhu. Saya datang jam 09.46, baru selesai 15.00. Berapa jam coba itu? Jadi saran saya ada 2. Pertama: dateng pagi-pagi banget. Kalo mau sih. Hoho. Kedua: setelah ambil nomor antrian, tinggal aja dulu jalan-jalan kemana atau ngapain gitu kek. Saya dapet nomor antrian E-181 sementara saat saya datang baru E-40 yang dipanggil *pingsan*.

Jangan kuatir bakal kelewatan, di tiket nomor antrian ada layanan SMS buat ngecek kok udah sampe antrian keberapa. Kalo udah 3x dipanggil nggak dateng, pemohon bakal dianggap batal dan harus ngambil nomor antrian baru lagi.

Sekitar jam 2-an saya baru dipanggil. Kepotong istirahat juga sih dari jam 12.00-13.00 itu jam istirahatnya. Panggilan pertama ini pemohon diarahkan ke meja Customer Care atau CS-nya gitu semacam meja registrasi. Disitu bakal dikasih arahan, map berisi form (lagi) dan nomor antrian (lagi). Huvd -_-

Dari Customer Care, saya diarahkan ke bagian layanan online. Jadi beda ya layanan online sama dateng langsung. Layanan online ini antriannya lebih cepet daripada yang baru daftar disana. Kata ayah saya ternyata diminta untuk foto lagi buat perpanjangan paspor. Nggak lama sih proses ini paling 15-30 menitan. Setelah itu selesai deh :D

Bagian paling lama ya itu tadi ngantri di Customer Care-nya. Mungkin karena disitu pusatnya dulu ya baru diarahin kemananya. Mana petugasnya cuma 3, lagi. Padahal yang antri di dalem penuh, di luar rame. Huhuhu. Berasa buang-buang waktu banget kalo ngantri tanpa ditinggal. Tahu gitu bisa mampir-mampir dulu lah kemana gitu :") Berhubung ini pertama kali jadi nggak tau apa-apa ya sudahlah pengalaman. Hahaha.

Saran ane :
meskipun kita registrasi online , usahakan datang ke KANIM nya awal banget. setau ane jam 1/2 6 pagi pun udah ada yang antri udah nomer 100 an. karena nanti smua data akan di cek di Customer Service dulu urut meski agan pake online tetap di cek urut. kecuali kalo sudah proses cek di customer service baru agan bisa mendapatkan urutan wawancara dan foto dengan nomer yang khusus ( jalur cepat),

kuota juga di batasi. kemarin ane kaget kuota cuman di batasi 150 orang pemohon , padahal di pengumumannya 250. nah jika agan mengalami itu kena batasan di tolak satpam agan maju ke bagian depannya customer service, dengan membawa bukti pengisian form onlinenya. nanti agan akan tetap dapat nomer antrian tambahan.

kmudian juga agan dapat nomer di atas 100 saya sarankan untuk meninggal kan tempat dulu , mo jalan ke mall atau kemana dulu. karena antrian bisa di cek pake smartphonemu secara online di web http://semarang.imigrasi.go.id/  atau juga bisa via sms. cuman ane kmrin ga screenshoot format smsnya.
maaf contohnya sementara antrian orang asing dulu , besok kalo ga lupa ane ganti yg real


terimakasih info dari
http://www.lulukhodijah.com/2016/11/memperpanjang-paspor-di-kantor-imigrasi.html
http://riza-alhusna.blogspot.co.id/2016/03/cara-perpanjang-paspor.html
http://semarang.imigrasi.go.id/

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post